Desain Rumah Minimalis

jporo.blogspot.com - Kita sering mendengar kata Desain Rumah Minimalis. Tetapi apakah kita mengerti apa yang dimaksud rumah minimalis tersebut?

Desain Rumah Minimalis
Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis lahir seiring dengan berkembangnya arsitektur modern. Arsitektur modern mencoba lebih mengedepankan fungsi dan kekuatan ketimbang seni. Aturan-aturan yang rumit dan ornamen-ornamen yang "baku" dalam era arsitektur sebelumnya, membuat para arsitek "memberontak", maka lahirlah salah satunya tipe rumah minimalis.

Desain Rumah Minimalis bisa diartikan "rumah minim". Minim ornamen-ornamen, minim profil-profil yang rumit, minim kaca patri dan hias, minim lengkung-lengkung, dan minim ruang-ruang yang tidak berfungsi.

Karena ke "minim" -an nya tersebut pulalah, maka rumah minimalis bisa juga disebut minim "ongkos produksi". Selain minim juga lama pembangunannya, dan minim dari ke "ruwetan".

Hal tersebut tentu sejalan dengan masyarakat modern yang serba simple atau sederhana. Fungsi adalah sebagai faktor utama.

Sehingga, bila anda ingin men-desain rumah dengan gaya minimalis tetapi anda campur dengan profilan yang rumit atau lengkung-lengkung (semacam Kong Liong) di setiap pintu rumah, maka anda telah salah kaprah memahami arti Rumah Minimalis.

Tapi tentu saja, bukan berarti rumah minimalis adalah pilihan tepat bagi setiap orang. Buktinya, kerinduan akan arsitektur klasik mulai dari era Gothic, Renaissance, Baroque Rococo betaburan di banyak perumahan. Tinggal bagaimana anda memilih dan anda memiliki selera.

Salam