7 Prinsip Desain Arsitektur : Skala

jporo.blogspot.com - Kita lanjutkan bahasan tentang 7 Prinsip Desain Arsitektur yaitu Skala. Bila anda belum membaca bahasan sebelumnya tentang Tekanan atau Point of Interest, silakan anda membacanya disini.

Skala adalah suatu sistem pengukuran (alat pengukur) yang menyenangkan, dapat dalam satuan cm, inchi atau apa saja dari unit-unit yang akan diukur.

Pada desain arsitektur, skala diukur dengan menggunakan standar tubuh manusia. Hingga menghasilkan skala minimal, optimal atau maksimal. Skala minimal menciptakan ruang yang intim, dekat dan akrab. Skala optimal adalah skala manusiawi yang paling cocok bagi kebutuhan ruang bagi manusia. Dan skala maksimal menciptakan ruangan yang megah. Umumnya skala maksimal digunakan pada bangunan-bangunan umum seperti masjid, ruang lobby sebuah bangunan, atau sebuah gereja. Ada satu lagi skala kejutan, ini terjadi bila anda mendapati sebuah bangunan dengan skala intim atau skala manusiawi lalu menuju skala megah yang "mengejutkan".

Skala Intim

7 Prinsip Desain Arsitektur : Skala


Skala Manusiawi

7 Prinsip Desain Arsitektur : Skala


Skala Megah

7 Prinsip Desain Arsitektur : Skala

Anda bisa rasakan "sense of space" karena perbedaan skala? Bahwa ruang dengan luasan/skala yang berbeda akan memberikan kesan yang berbeda. Inilah salah satu dasar Prinsip Desain Arsitektur.

regard zack y