Pipa Pembuangan dalam Kolom atau Slof

Pipa Pembuangan dalam Kolom atau Slof

Saya sampai tidak habis fikir, bagaimana sebuah rumah yang di desain oleh Arsitek bisa melakukan hal ini, yaitu menempatkan pipa pembuangan kotoran pada sebuah kolom atau dinding yang menembus hingga ke sloof.

Dan anehnya, hal ini umum dilakukan pada banyak perumahan. Memang pada banyak kasus, penempatan pipa seperti ini dirasa lebih simpel dan hemat. Lagi pula, selama ini kebiasaan seperti ini tidak pernah menimbulkan masalah.

Benar, hampir setiap rumah yang melakukan ini biasanya tidak memiliki masalah. Tapi kita bicara bukan hanya masalah kebiasaan, tapi masalah benar atau salah.

Kolom dan sloof terdiri dari 2 komponen yang masing-masingnya memiliki fungsi yang penting. Yang pertama adalah besi, yang berfungsi menahan gaya tarik. Dan kedua adalah beton, yang berfungsi menahan gaya tekan.

Bagaimana bila fungsi salah satunya dikurangi? Maka yang terjadi adalah tidak berfungsinya salah satu, atau setidaknya berkurang kekuatannya. Sedangkan biasanya, perhitungan beban terhadap kolom dan sloof dihitung mepet, alias pas-pasan.


---Kesalahan dalam Pembangunan Rumah berikutnya--->