Beberapa Konsep Perumahan yang (Mungkin) Belum Terpikirkan

Jporo - Saat ini, berkembang beberapa konsep Hunian. Mulai dari konsep Kota Wisata, dengan beragam Arsitektur dunia disetiap Cluster atau Blok. Sampai konsep Hunian Kota Mandiri, dengan kelengkapan fasilitas kota yang komplit. Rata-rata, konsep Hunian/Perumahan itu dilaksanakan dalam skala besar dan untuk kalangan atas atau elit.


Lalu bagaimana dengan konsep hunian atau perumahan kecil? Mereka sepertinya lebih kepada pemenuhan mencari keuntungan. Hingga, untuk perumahan kecil yang memiliki luas lahan kecil atau berupa Cluster-cluster lebih terkesan "asal jadi". Bahkan beberapa pengembang, tidak memiliki perencanaan apa-apa. Dan sebagian lainnya hanya mencontek konsep dan bentuk rumah dari beberapa perumahan yang sudah ada.

Padahal, akan terasa lebih apik jika pengelolaan perumahan -meski dalam skala kecil/menengah- dilaksanakan dengan memikirkan konsep hunian yang baik untuk penghuninya. Beberapa pemikiran, akan memberi pilihan yang memuaskan selera pembeli atau penghuni.

Berikut ini adalah beberapa Konsep Perumahan yang terpikirkan oleh saya dan mungkin juga bagi anda, tetapi belum banyak terealisir. Contoh berikut sekedar Ide, yang selebihnya bisa dikembangkan sendiri oleh masing-masing pengembang sesuai kondisi dan lingkungan sekitar perumahan yang akan dibangun.

1. Rumah Tumbuh

Konsep Rumah Tumbuh sering kita dengar dari sebuah pembangunan rumah. Tapi saya sendiri belum pernah dengar konsep ini diterapkan oleh sebuah perumahan. Konsep rumah tumbuh ini, akan membuat pembeli rumah tipe kecil, memiliki kesempatan menambah rumahnya baik vertikal (ke atas/Tingkat) atau Horizontal (Kesamping/belakang/depan) tanpa harus melakukan perombakan berarti terhadap rumah yang dibelinya.

Kita tahu, bahwa banyak -dan hampir semua- perumahan tipe kecil akan mengalami renovasi setelah beberapa tahun ditempati penghuninya. Rasanya, kita perlu mempertimbangkan sebuah konsep rumah tumbuh hingga penghuni dapat berkreasi menambah kamar atau ruangan lainnya dengan tidak banyak mengeluarkan biaya.

Rumah Tumbuh Vertikal

Syarat-syarat untuk bisa tumbuh vertikal/ke atas adalah dengan membuat tiang-tiang bangunan yang berpola dan dengan besaran yang lebih dari pada sekedar kolom praktis.

Pola-pola/Grid kolom akan mempermudah penghuni dalam membuat pola ruang diatasnya. Sementara, kolom yang cukup besar memungkinkan penghuni tidak perlu membuat kolom tambahan (Kolom suntik).

Rumah Tumbuh Horizontal

Untuk rumah horizontal, konsep bisa diatur dengan perletakan ruang yang apik. Misalnya; biasanya sebuah rumah kecil memiliki ruang tamu kecil, ruang makan dan dapur disatukan atau malah tidak ada. Maka perlu sebuah konsep, ketika menambah besar ruang tamu maka ruang tamu yang ada bisa difungsikan sebagai ruang makan dan dapur. Atau misal sebuah ruang tidur akan ditambah, sehingga ruang tidur utama bisa diberikan kamar mandi sendiri, maka pengaturan dan perletakan Kamar Mandi harus diatur agar memungkinkan dapat disatukan tanpa merubah Kamar Mandi itu sendiri.

Organisasi ruang perlu dipikirkan dalam hal ini, sehingga kita bisa menambah ruang seperti Kamar Tidur, menambah Dapur, memperbesar Ruang Tamu dengan leluasa tanpa banyak melakukan renovasi.


2. Dua Rumah Satu Tampak

Jujur, konsep ini pernah saya dengar dari senior saya. Beliau menjelaskan tentang konsep bagaimana sebuah rumah dengan tipe kecil, bila seseorang yang misalnya suatu saat memiliki keinginan untuk membeli rumah di sebelahnya, maka kedua rumah itu akan tampak seperti satu Rumah!

Ini salah satu konsep unik yang perlu dipikirkan juga oleh pengembang. Kejadian seperti ini, yaitu orang yang membeli dua rumah dalam perumahan kecil dengan fasilitas KPR banyak terjadi. Maka, ketika pengembang membuat sebuah konsep perumahan dengan Tampak yang bisa menyatu ketika seorang membeli dua rumah, akan memudahkan penghuni untuk tidak banyak melakukan perubahan pada rumah yang telah ia beli.

Kesatuan ini juga perlu dipikirkan tidak hanya berhubungan dengan Tampak/Fasade, tapi juga kesatuan ruang yang memungkinkan penggabungan akan memberi fungsi pada masing-masing ruang. Misalnya, ketika digabungkan, dengan sedikit perombakan akan menjadikan fungsi Ruang Tamu yang satu menjadi Ruang Tamu dan yang satu lagi menjadi Ruang Keluarga, misalnya.


3. Rumah Islami

Ini yang sangat menjadi konsen saya. Saya seringkali memikirkan sebuah konsep Rumah Islami. Dimana dalam konsep itu tidak hanya memikirkan konsep "Islami" yang umum, yang sering menjadi tulisan, tetapi tidak benar-benar mencapai sasaran. Tetapi konsep Islami yang benar-benar "Islami".

Maksud saya, banyak tulisan mengenai "Rumah Islami" tapi hanya memikirkan bahwa sebuah rumah harus bersih, indah, nyaman bagi penghuni, dll. Padahal, konsep seperti ini adalah konsep umum yang harus ada pada rumah.

Konsep Islami yang saya maksud, bahwa penataan ruang dan bangunan benar-benar mempengaruhi penghuni untuk membangun kehidupan Islami yang sesuai Al-Quran dan Sunah Rasul. Beberapa hal yang mungkin saya bisa tuliskan disini:

- Rumah Islami harus mampu membatasi/menjaga penghuninya dari aurat yang terbuka. Maka konsep "hijab" dalam rumah Islami harus benar-benar membatasi antara ruang publik, semi publik dan privat.

- Ruang makan yang memungkinkan penghuninya menjalankan sunah Rasul. Mampu "memaksa" penghuni untuk tidak makan berdiri, menyuap dengan tangan kanan, dan sebagainya.

- Ruang Tidur harus membuat penghuninya tidur secara sunah. Lampu yang mati ketika hendak tidur, badan miring ke arah Kiblat dan sebelah kanan, dll.

- Kamar Mandi yang tidak menghadap Kiblat dan Ruang Shalat yang jadi "central" sebuah Rumah Islami, sehingga memungkinkan semua penghuni selalu betah dan ingat waktu-waktu sholat.

Itulah beberapa konsep perumahan yang ada dalam "Impian" saya. Dan konsep-konsep lain masih mungkin bisa terpikirkan seandainya saja kita serius memikirkan kebutuhan penghuni dalam membuat sebuah perumahan.

Semoga bermanfaat.