Rumah Islami

jporo ~ Beberapa waktu lalu saya hendak menulis buku "Rumah Islami". Project membuat tulisan tentang Rumah Islami timbul dari keinginan saya membuat "penyeimbang" terhadap konsep-konsep perumahan yang berkembang, utamanya konsep "FENG SHUI". Artinya, bila ada kepercayaan dan tradisi yang bisa mengembangkan konsep sebuah RUMAH, kenapa tidak dengan Islam?

Sebagai Agama yang Rahmatan lil 'alamin, pasti ada nilai-nilai arsitektur, terutama perumahan yang bisa kita gali. Sebagai Agama yang mencakupi segala sendi kehidupan, pasti juga melingkupi pula tentang Rumah pada khususnya dan Arsitektur pada umumnya.


Rumah Islami


Baiti Jannati, adalah sebuah konsep umum yang dahsyat tapi terbuang begitu saja sejalan dengan keterlenaan kita dengan nafsu ingin mambuat rumah yang megah dan mewah dengan konsep Feng Shui, Modern, Gothic, Klasik, Mediteranian, atau bahkan Rumah Minimalis. Padahal, kata-kata "Rumahku adalah Istanaku" bukan mengartikan bahwa rumah menjadi tempat yang MEGAH, semegah Istana. Tetapi Rumah menjadi tempat yang nyaman untuk berlama-lama di dalamnya. "Baiti Jannati" bukan keluar dari mulut seorang Raja dengan Istananya.

"Baiti Jannati" keluar dari sabda seorang Nabi akhir jaman yang penuh kesederhanaan. Kesederhanaan pula dalam bangunan rumah yang Beliau Salallahu 'alaihi Wasalam tempati. Dengan demikian, pasti bukan bermewah-mewah konsep yang beliau maksudkan. Tapi Istana yang membuat nyaman bagi Istri dan keluarga. Atau bilapun sebuah rumah terlihat "mewah", tetap kesederhanaan, keceriaan, kepedulian terhadap tetangga harus di kedepankan.

Kembali kepada cerita saya ketika ingin menulis buku. Setelah membuat beberapa OUTLINE, saya tinggalkan begitu saja. Hingga pada akhirnya data yang ada hilang bersamaan terjualnya komputer saya... :<. Dengan bermaksud ingin meneruskan kembali apa yang telah saya mulai, sejak hari ini saya ingin membagi dalam situs www.arctek-vision.com ini tulisan yang mungkin tidak banyak berharga. Tetapi setidaknya saya ingin menggali -seberapa kecilpun- konsep-konsep Rumah Islami.

Sebagai pembuka, saya berikan link download sebuah e-book yang menurut saya cukup bagus untuk anda yang berjudul "Penerapan Konsep Arsitektur Islami Sebagai Alternatif Dalam Perencanaan dan Perancangan Rumah Tinggal".


Silakan di Download di Bawah Ini. Terima Kasih.

Penerapan Konsep Arsitektur Islami Sebagai Alternatif Dalam Perencanaan dan Perancangan Rumah Tinggal pdf

View more ebooks on ebookbrowse.com