Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Minimalis




jporo ~ Saat anda ingin mendirikan rumah sendiri, anggaran dana merupakan hal utama yang perlu anda persiapkan. Dengan adanya perhitungan biaya yang tepat, anda tak perlu lagi takut jika proses pembangunan akan terhenti ditengah jalan akibat kehabisan dana. Biaya pembangunan rumah minimalis berbeda-beda bergantung pada type.

Jika anda membangun rumah minimalis type 36, biayanya pasti akan lebih murah dibanding membangun rumah type 70. Hal tersebut dikarenakan perbedaan luas lahan serta luas bangunannya. Agar anda dapat lebih memahaminya, berikut akan saya uraikan mengenai cara menghitung anggaran biaya membangun rumah minimalis.

Hal pertama yang harus anda pahami sebelum menetapkan anggaran biaya adalah type rumah yang hendak anda bangun. Selain itu, anda juga sudah harus menetapkan apakah anda hendak membangun rumah dengan 1 lantai atau 2 lantai. Hal ini dinilai penting karena dengan memahami type dan jumlah lantai yang hendak dibangun, anda dapat menetapkan biaya yang harus anda keluarkan untuk setiap m2.

Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Minimalis


Sebagai contoh, jika rumah yang hendak anda bangun ukurannya 6×10 maka anda harus memperhitungkan biaya untuk membangun bangunan seluas 60 m2. Kemudian, anda harus mengetahui biaya pembangunan setiap meter dengan cara memperhitungkan biaya bahan bangunan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jika anda sudah mengetahui biaya setiap meternya, anda tinggal mengalikan dengan luas rumah yang hendak anda bangun.



Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Minimalis

Nah setelah memperhitungkan biaya bangunannya, kini saatnya anda menghitung biaya pembelian furniture yang nantinya akan anda letakkan didalam rumah baru anda. Sellain furniture, pemasangan listrik, pembelian barang-barang elektronik juga harus dihitung sejak awal. Dengan menghitung setiap detail kebutuhan rumah anda, anda dapat mempersiapkan dana yang cukup sehingga nanti pembangunan dapat berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan. Rumah anda akan selesai dalam waktu yang sesuai perhitungan apabila perhitungan biaya sudah disiapkan sejak awal.

Karena sebab-sebab itulah perhitungan biaya pembangunan rumah walaupun rumah minimalis sangatlah penting untuk disiapkan terlebih dahulu. Biasanya, biaya pembangunan rumah yang terletak di wilayah strategis akan memakan biaya yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan harga tanah didaerah strategis lebih mahal dibanding pada wilayah biasa. Apapun itu, yang terpenting anda sudah menyiapkan dana sejak awal.