Tips Bagi Anda Untuk Men-Desain Rumah


Tips Bagi Anda Untuk Men-Desain Rumah

jporo - Anda ingin mendesain rumah? Tapi anda bingung harus memulai dari mana? Sedikit pedoman untuk anda bila ingin desain rumah menjadi baik.


Pertama, anda harus memperhatikan site atau lokasi rumah anda. Lingkungan yang berada di sekitar lokasi, jalan, arah mata hari, angin, dan bentuk site anda. Ini akan banyak menentukan bagi rumah anda baik dari orientasi rumah, pintu masuk (entrance), pembagian ruang (public, semi public, private) dan lainnya.

Kedua, penghuni. Anda harus mempertimbangkan berapa banyak penghuni rumah, karakteristik masing-masing penghuni, pekerjaan dan aktifitas-nya. Ini akan menghasilkan besaran ruang dan kebutuhan ruang. Juga akan menentukan bagi model rumah anda.

Ketiga, Budget. Anda harus memikirkan biaya yang akan anda keluarkan untuk rumah idaman anda. Biaya akan menjadi pertimbangan bentuk dan material yang akan anda pilih, serta besaran ruang yang akan anda dapatkan.

Keempat, Pilihan Arsitektur Bangunan. Anda dan keluarga mempunyai selera khusus tentang bangunan tertentu? Banyak pilihan gaya Arsitektur yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apakah itu gaya Klasik, Gothic, Tradisional atau Rumah Minimalis. Sesuaikan gaya arsitektur rumah anda dengan lingkungan dan selera anda dan keluarga.

Kelima, Arsitek. Ada kesalahan dalam pemikiran orang-orang bahwa menggunakan arsitek akan menggelembung-kan budget anda. Padahal, arsitek akan menampung setiap permasalahan dalam impian anda membangun rumah. Pembangunan rumah idaman anda akan jadi lebih efektif dan efisien sehingga anda tetap mendapatkan desain yang baik tapi dengan biaya yang sesuai dengan budget anda.

Rumah, adalah cerminan spesifik dari pribadi anda dan keluarga. Adalah salah bila anda mencoba mencontoh bangunan dari gambar-gambar yang telah ada baik dari internet maupun brosur. Bila anda ingin mencontoh-pun, jadikanlah contoh tersebut sebagai inspirasi untuk mengembangkan ide anda, bukan dengan mencontek secara persis.

Demikian saran saya, semoga anda mendapatkan hunian yang nyaman dan sesuai selera anda dan keluarga.


Salam